Sunday 30 October 2016

Zhangjiajie National Forest Park dan Tujia Ethnic Folk Garden

Zhangjiajie Tour, Hunan, Hari#2

Masih dalam rangkaian tour Zhangjiajie, aku dan temanku, serta peserta lain bersiap-siap menikmati pemandangan di hari kedua. Kami berkunjung ke Zhangjiajie National Forest Park. Kami jalan masuk melihat-lihat taman, bunga-bunga di musim gugur yang berwarna kuning , batu-batu. Menikmati alam sambil berjalan sungguh menyegarkan. Semakin jauh melangkah, ada jalanan menuju gunung batu besar bertulis张家界国家森林公园 (Zhangjiajie guojia shenlin gongyuan). Untuk bisa foto di bawah spot gunung batu ini, kita harus naik tangga batu, lalu mengantri untuk dapat keseluruhan gambar. Di taman ini juga ada sungai yang mengalir.

Setelah itu  menuju pintu masuk World Natural Heritage – Wulingyuan, Zhangjiajie Global Geopark. Pintu masuknya sama dengan yang kemarin kami pergi. Kami menikmati keindahan pemandangan lembah-lembah berkarakter, gunung-gunung batu, hutan dan tebing dari sisi lain. Kalau kemarin lihatnya dari atas puncak gunung ke bawah hutan, jadi gunung-gunung batu itu terlihat melayang. Sekarang lihatnya dari hutan ke atas. Ada 2 jalur untuk menikmati perjalanan ini, dengan jalan kaki dan kereta.  Aku pikir kami akan naik kereta, karena sudah bayar lebih kemarin, eh ternyata kami memang benar-benar tertipu. Kami jalan kaki.

Katanya jalan pelan-pelan dapat menikmati pemandangan dengan lebih hikmat dan seru. Pada kenyataannya guide tour nya ngoceh-ngoceh di depan, kami gak denger sama sekali. Kami asyik foto-foto aja dari berbagai sisi. Jalannya pelan-pelan, walau disuruh cepet, karena turis-turis lain ingin lewat juga. Intinya berjalan menikmati pemandangan alam yang epic ini sepanjang beberapa kilometer. Setelah balik lagi dari jalur yang sama. Sungguh miris melihat orang-orang di dalam kereta. O ya, kategori pariwisata di China, menilai Zhang JiaJie masuk ke AAAAA, yang berarti bagus. Ini standarisasi penilaian objek wisata China berdasarkan beberapa faktor seperti keindahan pemandangan alamnya, kebersihan, sanitasinya, keamanannya, transportasinya, dll. Jadi kalau dengar salahsatu objek wisata di China grade nya A5, uda mulai aman pakai WC nya.












Setelah makan siang, kami dibawa menuju TuJia Ethnic Folk Garden. 土司城 tusicheng). Kerajaan kuno suku minoritas Tujia. Unik deh benda-benda pusakanya. Disini ada performance tarian juga. Warna-warna yang ditonjolkan lebih ke gelap, hitam gitu. Ada warna lain seperti putih dan merah. TuJia Ethnic Folk Garden ini mendapat  grade AAAA. Semua yang bisa dilihat lebih ke arsitektur bangunannya, etnis, budaya kerajaan, serta cerita-cerita bersejarah dibalik kerajaan ini.
Untuk lebih jelas ceritanya, bisa baca disini: 

1 comment:

  1. jadi ngiler niih baca ceritanya, kalo dari Guangzhou ke Zhangjiajie naik kereta berapa lama yaa, apakah sudah bisa pesan hotel atau penginapan dari indo jauh2 hari kita sebelum kesana?
    Oiya bagaimana dengan makanannya
    Makasih n salam
    qifty

    ReplyDelete